Kamis, 15 November 2018

Siapa Mau Hidup Sendiri?


Siapa Mau Hidup Sendiri?


Kudengar lantunan You Are Not Alone
Sambil kubuka Matsnawi
Tentang sakitnya seorang gadis
Yang didiagnosa oleh seorang tabib
Yang berpengetahuan ilahiah
Ia tak menceritakan nilai kehebatan
Obat obatan, ia hanya mencari duri yang tertancap di dalam hati setiap yang sakit

Tabib ini adalah pengembara
Sang pejalan yang konsisten
Aku membayangkan tabib ini
Di masa sekarang berjalan ditemani alunan You Are Not alone
Yang aku hanya bisa mengartikan judulnya saja,  entahlah isi lagunya
Orang yang berjalan sendiri
Meyakini ada kawan karib yang tiada
Yang membuatnya kuat
Adalah matahari dari
kedudukan alam semesta
Ia tak goyah oleh rayuan
dan ancaman politik
Tak gusar pada harapan
kedudukan dalam masyarakat
Ia berjalan sendiri
Hanya secukupnya makan dan minum
Sedang kekayaannya adalah pengalaman
Kota-kota yang disinggahi
Dan keberhasilan-keberhasilan kecil

Aku berkaca kaca mendengar musik itu sambil kubaca kisah sang tabib
Makin tua aku semakin penakut
Makin tua aku makin merasa sendiri
Aku makin bergantung pada waktu senggang yang harus kuisi berbagai kegiatan. Bergantung pada harapan yang bisa membuatku tenang
Tapi seolah olah aku  semakin kehilangan pegangan
Dihantui masa tua yang membosankan
Atau masa tua yang tanpa tabungan
Aku kadang merasa hidupku paling tragis. Pada kesempatan lain itu bagai kebanggaan karena orang sendiri yang kreatif memang hidup tragis
Hidup tragis selalu menjadi hal yang indah dapat ditulis baik dalam novel,  lirik lagu, puisi atau film
Tapi kenyataannya sangat menakutkan
Aku meragukan kekuasaan Tuhan
Sembari membayangkan jika Sang Nabi sebuah nama yang tumbuh
Sejak masa kecil
Hadir dan menjadi tempat keluh kesah
Aku menangis,  dan merasakan benar betapa cengengnya jiwaku

Suatu kali aku bermimpi
Muhammad Yang Dicintai benar hadir
Menunjukan jalan kepadaku
Ketika aku terbangun
Aku merasa aku tak layak disambangi
Manusia berlumur dosa sepertiku
Yang hidup dari ketakutan
Yang hanyut dalam sungai nafsu dunia?


Tapi siapa yang mau hidup sendiri?

Nov 2018





Tidak ada komentar:

Posting Komentar