Selasa, 18 April 2023

ESAI

Wewangian Para Wali dan Parfum Al Bahrain Milik Ustad Suparyanto

M. Taufan Musonip


"Wewangian awalnya adalah keringat saat Nur Muhammad ditiupkan kedalam tiap insan yang akan lahir ke dunia. Tetes keringat itu di dunia menjadi bunga mawar...

Lukisan AD. Pirous diambil FB
Penyair Abdul Hadi WM


Ada Penyair Sufi pedagang parfum namanya Fariduddin Attar, karyanya masyurnya adalah Mantiq At Thair atau Musyawarah Burung. Di TQN Suryalaya ada Ustad Suparyanto yang berjualan Parfum juga. Parfum yang beliau jual dari esense Gaharu dengan berbagai varian aromawangi.

Dalam Buku Penyembuhan Cara Sufi (PCS) Syech Hakim Chisyti, Guru Mursyid Tarekat Chisytiyah disebutkan Gaharu adalah obat aroma terapi untuk membangkitkan jiwa ke maqom Sirnya Allah. Maqom yang tinggi, harganya pun mahal. Memang demikian harga yang saya dapatkan dari Ustad Suparyanto, sekira 50 ribuan per 30 ml. Biasanya parfum ukuran yang sama saya dapatkan di kios parfum hanya dibanderol sekira 10 ribuan. 

Parfum itu bagian keindahan dari pribadi seorang muslim. Sebagaimana Nabi Saw (selawat serta salam selalu tercurah kepada Beliau) menyukai wewangian. Dalam PCS Syech Chisyti indah sekali memadukan tingkat maqom dengan obat aromaterapi berbagai wewangian mulai dari bunga mawar, Ambar hingga Gaharu. Wewangian awalnya adalah keringat saat Nur Muhammad ditiupkan kedalam tiap insan yang akan lahir ke dunia. Tetes keringat itu di dunia menjadi bunga mawar dan wewangian lain, dalam Diagram Aroma dalam buku PCS, bunga mawar bisa mengobati berbagai penyakit seperti lever dan penyakit jantung juga penyakit jiwa seperti depresi.


Hadits Qudsi

Bunyi Hadits Qudsi: "Jika bukan karena engkau ya Muhammad, aku tak akan menciptakan Alam Semesta." Hadits lain mengatakan, Mahluk yang pertama kali diciptakan Allah adalah Nur Muhammad dari Sahabat Jabir Ra. Keringat Rasulullah pun sangat harum, dan para sahabat mengumpulkannya, keharumannya itu adalah rembesan dari Pancaran Ruh-Nya. 

Karomah para wali juga salah satunya wewangian tubuhnya. Konon Abah Guru Sekumpul yang ahli selawat, tubuhnya sangat wangi, padahal beliau jarang memakai parfum, saat ditanya istrinya prihal wewangian tersebut, beliau menjawab, "karena aku sering berselawat." Sejatinya, Sang Guru yang dijuluki Lautan ilmu itu mengatakan: wewangi itu aku dapatkan karena aku kerap bertemu Rasulullah Saw tiap malam. 


Diagram Aroma
Syech Hakim Chisyti


Di Suryalaya melalui manqobah yang ditulis Ustad Andika Darmawan juga ada kisah: seorang murid pernah ingin bermusyafahah dengan Abah Anom Ra. Dan ia ingin mencari perhatian Guru Mursyidnya dengan wewangian, sebelum sampai telapak tangan Guru yang dicintainya ia merasakan bau harum yang menyengat hingga wangi parfum yang dipakainya sendiri menjadi samar bahkan tergantikan. 

Saya membeli Parfum Aroma (Black Oud) Natural Gaharu dari Ustad Suparyanto karena dalam PCS tadi disebutkan Kayu Gaharu sudah sulit didapatkan dengan kualitas yang baik. Wangi parfum yang didapatkan memang sangat ringan dan menenangkan. Tak mendapatkan komplain dari istri, seperti biasa kalau memakai wewangian harga ekonomis.

Mursyid Dhohir

Sedikit saya ceritakan tentang Ustad Suparyanto ini, ia adalah mubaligh TQN Suryalaya. Perjalanannya menjadi ikhwan TQN cukup unik. Seperti diceritakan dalam sebuah video di TQN News, beliau pergi ke Suryalaya karena bertemu orangtua dalam perjalanan ziarahnya dengan berjalan kaki dari pesantrennya, karena anjuran gurunya untuk cepat memahami ilmu-ilmu Agama. Beliau dari sekolah umum, masuk pesantren selepas SMA. Bertemu Abah Anom Ra. Juga berjalan kaki dari kampungnya. Pernah menjadi penjaga kios buku. Mungkin karena itu ilmu tasawufnya pun cukup mumpuni, suatu kali beliau diundang ke Majelis Dzikr Goa Semut yang isinya adalah kaum muda dan mahasiswa beliau fasih sekali menjelaskan tasawuf dari sisi ilmu eksak. Juga salah satu imam dzikir favorit saya, diimami oleh beliau akan merasakan nikmat berdzikir ke ambang ekstase.

Kalau ketemu beliau saya sangat sungkan. Dan seringnya kami tak saling bicara. Bersamanya saya seperti bukit es di barat dan beliau gunung api di timur. Beliau pernah menjadi mursyid perjalanan dhohir ke Manakib Pondok Gede, di mana saya di talqin pertama kali oleh Ajengan Beben Muhammad Dabbas.


Sosok Ustad Suparyanto (tengah)
bersama para murobbinya.


Beliau kini berdagang parfum, sejalan dengan itu wangi dakwahnya makin tercium dengan kerap diundangnya beliau ke berbagai Manakib. Semoga beliau sukses dibidang perdagangan dan Dakwahnya.

Berikut list aromawangi parfum Gaharu yang pernah beliau tawarkan kepada saya,

Brand Al Bahrain:

1. Oud Gaharu

2. Arabian oud

3. Oud malaki

4. Amerr All oud

5. Black oud

6. Oud bauqiyah

7. White oud

8. Natural oud

Konsultasi:  +62 813-9112-0266

(Ust Suparyanto).*





Tidak ada komentar:

Posting Komentar