Rabu, 10 Mei 2023

PUISI


Lukisan Karya Stephen Zang
"Plano Texas"




Beradu dalam Bara

M. Taufan Musonip


Matahari tak akan bisa sembunyi,

Wahai kau yang suka mencuri pandang.

Aku sudah tak mengerti lagi arti malu

Aku pakaianmu atau kau?


Kau pikiranku, aku api

Dan tak lagi punya asap

Kita sama sama beradu dalam bara

Sekali nyala ilalang cinta terbakar


Semua api bersumber padamu

Kau yang suka malu-malu hadir

Ular nafsuku loncat ke bulan

Aku tahu kau selalu ada, dalam sinar lebih tenang



Di Rawa Binong

M. Taufan Musonip


Lihatlah musola bambu itu

Angin masuk melalui sela-selanya

Lalu menciptakan keberadaan kita

Mata yang melihat danau hijau rawa binong


Auliya Syech Jaelani adalah jamrudnya

Hati yang waspada adalah cincinnya

Dan Kau emas yang warnanya kau taruh

Pada pemakainya yang menyaksikan


Lihatlah musola bambu itu,

Angin masuk ke sela-selanya

Menjadi nafas para peziarah

Yang Ada, Yang Ada, Dia. Dadanya bicara



Tanara Menunjuk Langit

M. Taufan Musonip


Aku lihat ada yang terbang menyisakan angin

Tanahku, dulu lahir para Aulia

Aku tahu benar tentang angin yang menari terbangkan debu

Debu-debu itu kau tanam di bulan


Dan aku melihat danau hijau 

Menyebut dirinya Rawa Binong

Danau selaksa jamrud kekayaan para sufi

Yang suka menyelam di dalamnya untuk jadi debu






Tidak ada komentar:

Posting Komentar