Jumat, 11 Agustus 2023

PUISI


Interface 2021, Oil on Linen 80x80cm
Karya Jason Anderson (Inggris)



Roda-roda

M. Taufan Musonip


Aku adalah roda penggiling padi,

Berputar-putar di dalam diriku sendiri.

Beras di penampung bening tak terkira

Orang hampir mengira itu mutiara


Mursyidku adalah roda-roda ditubuhku

Berputar-putar mengantarku ke denyut jantung

Makanan yang diolah ibuku, dihantar doa

Sel-sel darahku menemukan gejolak api


Muhammadku roda-roda syarafku

Menggelinding mengalirkan darahku

Ada arus listrik yang tenang jadi petunjuk

Cahayaku berdiri menanti aku terbakar di dalamnya


Lalu aku dengar Allah, Allah, Allah

Aku fana dalam senyap



Aku Menunggu Sang Pemburu

M. Taufan Musonip


Sayapku adalah bulu-bulu kasbi Abu Yazid Busthomi

Aku mencari pemburu yang berpeluru al ilm al wahbi

Aku menunggunya di ranting-ranting pohon kesabaran

Melenggok indah dengan ekor kehambaanku


Ayolah pemburu datanglah padaku,

Nyanyiku. Tapi matahari mulai tenggelam

Aku hanya mendengar derap kudanya saja

Tapi aku tak lelah bersiul, hingga malam


Ayolah pemburu datanglah padaku,

Nyanyiku. Bulan yang tenang terduduk anggun

Di danau biru yang berkedalaman jiwa sufi

Dan sang pangeran berpistol itu tercetak terbalik


Aku tetap bersiul. Memanggil pagiku

Sayap sayap pengetahuanku inginkan peluru

Sayangku.


Sup Sambal Keramat

M Taufan Musonip


Sejak aku tiba di kediamanmu. Kau tak mengatakan tentang peradaban. Hanya menyuguhkan semangkuk sup. Percuma, katamu. Kau bertanya tentang baju wolku.

Tapi kau tak tahu sup yang enak.

Dalam sup itu hanya ada wortol dan kentang seperti biasa. Dan hanya ada potongan daging sapi berlemak. Lalu ia memindahkan satu tangkup ke dalam sepiring nasi dihadapku. Dan menambahkan sambal cabai hijau dan tomat. 

Percuma, katamu. Kau ingin pelajari keramatku, jika tak tahu keringat saat kau mencoba sup sambalku.

Dia tak memakai wol, dan tak ada cahaya ditangannya hingga selesai kami menyantap makanan. Tapi sampai pulang aku tak bertanya apa-apa. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar